Beranda | Artikel
Biografi Singkat Imam At-Tirmidzi
Jumat, 7 Agustus 2020

Bersama Pemateri :
Ustadz Ali Musri Semjan Putra

Biografi Singkat Imam At-Tirmidzi merupakan bagian dari kajian Islam ilmiah Faidah-Faidah Sejarah Islam yang disampaikan oleh Ustadz Dr. Ali Musri Semjan Putra, M.A. Hafidzahullah. Kajian ini disampaikan pada Jum’at, 17 Dzulhijjah 1441 H / 07 Agustus 2020 M.

Download juga kajian sebelumnya: Biografi Singkat Imam Abu Dawud

Mukaddimah Kajian Tentang Biografi Singkat Imam At-Tirmidzi

Kita akan mulai dari nama beliau, tempat dan tahun lahir beliau, kemudian kita akan berbicara sekilas tentang perjuangan beliau dalam menuntut ilmu, guru-guru dan murid-murid beliau, karya-karya beliau, dan juga mengenal sekilas tentang kitab Jami’ At-Tirmidzi atau disebut juga Sunan Tirmidzi.

Untuk biografi beliau ini, kita tidak membahas dari kitab-kitab ulama yang sifatnya sudah tersusun sesuai dengan susunan tadi. Tapi kita akan ambil mukaddimah dari Sunan Tirmidzi yang ditulis oleh Ahmad Syakir yang beliau mentahqiq kitab ini.

Biografi Imam At-Tirmidzi

Kunyah beliau adalah Abu ‘Isa, namanya Muhammad bin ‘Isa bin Saurah bin Musa bin Dhahhak As-Sulami Al-Bughi at-Tirmidzi adh-Dharir. Atau ada juga yang menyebutkan nasab beliau yang lain, yaitu Muhammad bin ‘Isa bin Saurah bin Syadad. Dan garis yang lain menyebutkan nama beliau Muhammad bin ‘Isa bin Yazid bin Saurah bin Sakn.

Boleh jadi memang semua itu adalah garis keturunan beliau, tapi sebagian ulama mengambil garis yang masyhur saja. Tapi untuk nama Muhammad bin ‘Isa bin Saurah, ini disepakati oleh para penulis biografi beliau.

Beliau lahir pada tahun 209 Hijriyah dan wafat pada 279 Hijriyah. Imam Adz-Dzahabi menyebutkan bahwa umur beliau adalah 70 tahun.

Ulama-ulama yang menyebutkan biografi beliau adalah Mulla Ali Al-Qari dalam Syarh Asy-Syamail At-Tirmidzi, kemudian juga Imam Adz-Dzahabi dalam kitab beliau Mizanul I’tidal, dan selainnya.

Kenapa penting tahun lahir dan tahun wafatnya untuk dikenal? Yaitu agar mengetahui guru-gurunya, pada umur berapa beliau menuntut ilmu, umur berapa beliau berjumpa dengan para ulama yang beliau menuntut ilmu dari mereka.

Ada yang menyebutkan bahwa beliau lahir dalam keadaan buta. Tetapi hal ini tidak benar berdasarkan bukti-bukti dari penjelasan ulama yang lain.

“As-Sulami” adalah nisbat kepada Bani Sulaim, nama sebuah kabilah. “Bughi” adalah nama salah satu desa dari Kota Tirmidzi. Maka ini nisbah kepada kampung beliau.

Download MP3 Kajian

Untuk mp3 kajian  yang lain silahkan kunjungi mp3.radiorodja.com


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/48839-biografi-singkat-imam-at-tirmidzi/